Minggu, 31 Agustus 2014

DEVELOPMENTAL SOCIAL WORK





            Pekerja sosial telah terlibat dalam pembangunan sosial selama bertahun-tahun, namun ide tersebut baru saat ini diterapkan dalam praktik pekerjaan sosial. Developmental Social Work ini merupakan pendekatan dan paradigma baru dalam pekerjaan sosial. Pendekatan ini menekankan pada bagaimana pekerja sosial terlibat dalam pembangunan dalam konteks makro. Dalam Developmental Social Work (SDW ), pekerja sosial menekankan paraktiknya pada kekuatan klien, pentingnya pemberdayaan, serta investasi sosial dalam praktik profesional, yang mana berarti di dalam Developmental Social Work (SDW) tidak ada hubungan yang terus menerus sebagaimana yang terjadi di panti. Investasi sosial yang dimiliki oleh klien ini memenuhi kebutuhan materi klien pekerjaan sosial, yaitu membantu klien untuk meningkatkan kapasitas mereka dan memfasilitasi partisipasi mereka di dalam kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat.
Developmental Social Work (SDW) memang seharusnya diterapkan dalam praktik pekerjaan sosial, karena pembangunan sosial tidak cukup hanya dengan mengandalkan upaya dari pemerintah. Pemerintah hingga saat ini belum dapat melakukan upaya pembangunan yang benar-benar sustainable, karena pemerintah cenderung memberi bantuan kepada masyarakat dlam bentuk charity, sehingga masyarakat masih banyak yang bergantung pada bantuan pemerintah dan mereka tidak memiliki kemampuan untuk memenuhi kebutuhannya sendiri melalui potensi-potensi dan sumber-sumber yang dimilikinya. Oleh karena itu, upaya pembangunan juga harus dilakukan oleh para pekerja sosial yang benar-benar memiliki tujuan untuk mewujudkan dan meningkatkan keberfungsian sosial masyarakat dan memfokuskan praktik dan intervensinya pada pencapaian tujuan kesejahteraan sosial.
Saat ini, yang dibutuhkan oleh masyarakat adalah perubahan sosial yang dapat meningkatkan taraf hidup mereka. Untuk menciptakan perubahan sosial tersebut, maka dibutuhkan upaya pembangunan. Pembangunan yang diupayakan harus dapat menghasilkan masyarakat dari yang tadinya tidak mampu memenuhi kebutuhannya sendiri, kemudian menjadi mampu untuk memenuhi kebutuhannya sendiri dengan potensi dan sumber-sumber yang ada di sekitar mereka. Oleh karena itu, para pekerja sosial saat ini harus bekerja dalam pembangunan atau menerapkan pendekatan Developmental Social Work untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera, dan tidak hanya sekedar memberikan konseling, psikoterapi, dan bentuk intervensi lainnya yang tidak mengarah pada pembangunan secara makro (mencakup berbagai level intervensi, yaitu dari individu hingga internasional).
Contoh yang relevan dalam pendekatan Developmental Social Work adalah adanya tingkat pendidikan yang rendah di suatu wilayah terpencil. Masyarakat di sana banyak yang tidak bersekolah karena tidak ada sarana dan prasarana pendidikan. Pekerja sosial kemudian melakukan upaya pembangunan sosial di bidang pendidikan di daerah tersebut, sehingga akhirnya masyarakat di daerah tersebut dapat bersekolah, dengan seorang pakar profesional yang mengajarnya, dan tingkat pendidikan mereka pun meningkat. Sarana dan prasarana pendidikan yang telah dibangun tersebut digunakan secara berkelanjutan, dan tidak ada lagi hubungan yang terus menerus antara pekerja sosial dengan masyarakat di daerah tersebut.

2 komentar:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif : arena-domino.net
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus
  2. How to make money with real money games | WorkMaker
    The process 슬롯 나라 of making money from the casino baoji titanium and sports betting industry In order to make money งานออนไลน์ from playing the game, the player must 바카라 조작

    BalasHapus