Minggu, 31 Agustus 2014

Memperluas Konsep Kesehatan Masyarakat



PENDAHULUAN


            Pada awalnya, kesehatan masyarakat dipandang sebagai sebuah disiplin ilmu yag mempelajari dan mengimplementasikan tindakan pengawasan terhadap penyakit menular, terutama dengan sanitasi dan vaksinasi. Revolusi sanitasi yang datang sebelum perkembangan bakteriologi modern, membuat kontribusi besar untuk memperbaiki dan meningkatkan kesehatan, namun perbaikan dan peningkatan terhadap nutrisi, pendidikan, dan perumahan pun tidak kalah penting. Kesehatan masyarakat telah berkembang sebagai bidang multidisiplin yang mencakup penggunaan dari ilmu dasar dan terapan, pendidikan, ilmu sosial, ekonomi, manajemen, dan kemampuan berkomunikasi untuk meningkatkan kesejahteraan individu dan masyarakat.
            Para praktisi kesehatan masyarakat lebih banyak terlibat dalam organisasi-organisasi daripada terlibat dalam pengasuhan secara langsung. Namun, profesional kesehatan manapun perlu pemahaman yang mendalam mengenai isu-isu yang terlibat dalam Kesehatan Masyarakat Baru dan bagaimana mereka berkembang. Hal ini dikarenakan pemahaman tersebut digunakan dalam organisasi-organisasi.
            Kesehatan Masyarakat Baru berhubungan pada atau mencakup seluruh kegiatan komunitas dan individu untuk mengurangi faktor-faktor yang menyebabkan timbulnya beban penyakit, serta membina mereka yang berhubungan secara langsung untuk memperbaiki dan meningkatkan kesehatannya. Program-program yang dilakukan tersebut mulai dari imunisasi, peningkatan kesehatan, dan pengasuhan anak hingga perlabelan makanan dan fortifikasi makanan, serta pemberian pelayanan kesehatan yang telah dikelola dengan baik dan mudah diakses.
            Fungsi perencanaan, manajemen, dan monitoring sistem kesehatan sangat diperlukan di dalam dunia yang memiliki keterbatasan sumber-sumber maupun keterbatasan harapan yang besar. Karena itu, diperlukan sistem informasi yang dapat berkembang dengan baik untuk menyediakan umpan balik dan mengontrol data yang dibutuhkan untuk manajemen yang baik. Ini termasuk tanggungjawab dan koordinasi seluruh tingkat organisasi pemerintah maupun non-pemerintah (LSM), serta partisipasi dari media informasi yang baik serta organisasi profesional dan konsumen yang kuat. Selain itu, tanggungjawab individu terhadap kesehatannya dan tanggungjawab penyedia pelayanan kesehatan pun tak kalah pentingnya.

EVOLUSI KESEHATAN MASYARAKAT

            Banyak perubahan telah menandai kebutuhan terhadap transformasi menuju Kesehatan Masyarakat Baru. Seiring dengan pertumbuhan komunitas/ masyarakat perkotaan dan sistem ekonomi multinasional yang baru, kesehatan individu menjadi lebih dari sekedar masalah lokal.
            Pada saat revolusi agrikultur, yaitu pada abad ke-15 hingga abad ke-17, peningkatan pada persediaan makanan diikuti dengan  pengetahuan tentang nutrisi sebagai isu kesehatan masyarakat. Revolusi ilmiah ini memiliki makna untuk menggambarkan dan menganalisis penyebaran penyakit dan efek beracun dari revolusi industri, termasuk pemukiman yang padat dan polusi lingkungan. Pada pertengahan abad ke-20, revolusi hijau yang baru di bidang pertanian ini memiliki pengaruh yang besar dalam mengurangi kekurangan manusia secara internasional, namun tagihan ekologis belum dibayar.
            Pada setengah abad terakhir, penyakit kronis telah menjadi penyebab utama dari angka kesakitan dan angka kematian di negara-negara berkembang serta meningkat di negara-negara berkembang. Banyak aspek dari kesehatan masyarakat hanya dapat dipengaruhi oleh perilaku dan resiko terhadap kesehatan individu. Hal ini membutuhkan intervensi yang lebih kompleks dan berhubungan dengan gaya hidup pribadi, sama seperti faktor lingkungan, komunitas, dan masyarakat.
Penyakit kronis telah menjadi pusat perhatian dalam transisi epidemologis. Di waktu yang sama, revolusi berada dalam proses pembuatan ekonomi dan manajemen sistem kesehatan masyarakat untuk meningkatkan biaya dan kesadaran masyarakat secara keseluruhan dengan cepat terhadap hak-hak manusia untuk memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan dengan kualitas yang cukup baik. Ini telah mengantarkan para profesional dan institusi untuk menjadi terlibat dalam manajemen dan ekonomi sistem kesehatan.
Konsep-konsep seperti tujuan, sasaran, prioritas, efektivitas biaya, dan evaluasi telah menjadi bagian dari agenda Kesehatan Masyarakat Baru. Memahami bagaimana konsep-konsep tersebut berkembang dapat membantu penyedia atau manajer kesehatan di masa yang akan datang untuk mengatasi kompleksitas dalam percampuran ilmu, kemanusiaan, dan manajemen sumber-sumber yang efektif untuk mencapai standar yang lebih tinggi serta mengatasi isu-isu baru yang berkembang dalam ruang lingkup Kesehatan Masyarakat Baru yang luas untuk abad ke-21.

1 komentar:

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif : arena-domino.net
    100% Memuaskan ^-^

    BalasHapus